1.
DASAR
TEORI
GUI
(Graphical User Interface) merupakan suatu metode untuk
antar muka komputer
berbasis grafis. GUI digunakan dalam pembuatan program aplikasi dengan mempertimbangkan
dua aspek yaitu keindahan tampilan dan kemudahan penggunaan program. Keindahan
tampilan akan mempengaruhi orang untuk melihat dan merasa senang dengan program
yang dibuat, dan kemudahan menggunakan program akan berdampak pada
ketertarikan orang untuk terus menggunakan program yang dibuat.
Java
memiliki dua kelas untuk bekerja dengan GUI, yaitu AWT (Abstract Windowing Toolkit) dan Swing.
AWT
terdapat dalam package java.awt. package ini berisi komponen-komponen GUI yang
bersifat platform oriented atau tergantung pada suatu platform
sistem operasi.
Beberapa fasilitas yang di sediakan package
java.awt adalah :
1. pengaturan tata letak (layout management)
komponen dalam suatu container.
2.
mendukung event handling, yaitu mekanisme
pendeteksian event dan penentuan respona yang akan di berikan ketika pengguna
(user) mengakses komponen tersebut.
3.
manipulasi grafis dari komponen,seperti font,
warna,icon, dsb.
Komponen
merupakan kelas abstrak dari semua komponen yang digunakan untuk merancang GUI.
Sedangkan container merupakan subkelas
dari komponen yang berfungsi untuk memuat komponen-komponen lainnya.
Kelas
Window merupakan top level class, sehingga tidak dapat disisipkan pada komponen
atau kontainer lainnya. Kelas window memiliki 2 subkelas yaitu kelas Dialog dan
kelas Frame. Frame dapat diubah ukurannya (resize), dapat digerakkan, dan dapat
memiliki title bar, icon, dan menu. Dialog bersifat sama seperti Frame, yaitu dapat di-resize dan
digerakkan namun tidak dapat ditambahkan icon atau menu bar.
Kelas
Panel digunakan untuk pengorganisasian tata letak komponen (layout) sebelum ke Frame.
Komponen
Kontrol GUI dapat dibagi menjadi dua kelas besar yaitu Kelas Component dan
kelas MenuComponent. Kelas Component
terdiri dari beberapa komponen kontrol GUI, seperti Button, List, Scrollbar, TextField dan TextArea. Sedangkan Kelas
MenuComponent terdiri dari komponen kontrol yang digunakan untuk membuat Menu.
Button
adalah tombol dengan label text dan akan mentrigger event ketika user mengklik/menekan
tombol tersebut . Konstruktornya
yaitu Button() dan Button(String label).
Canvas
merupakan komponen berbentuk persegi panjang kosong yang digunakan untuk
menggambar/membuat image.
Checkbox
adalah komponen yang menyediakan suatu set pilihan yang dapat dicentang atau tidak
dicentang.
Sedangkan CheckGroup merupakan suatu kelompok checkbox yang memiliki sifat seperti
Radio Button. User hanya dapat memilih satu pilihan, tidah boleh lebih.
Choice
merupakan komponen yang memberikan menu yang dapat muncul secara otomatis
(pop-up). Choice menggunakan konstruktor Choice().
Label
merupakan komponen yang digunakan untuk menampilkan tulisan/pesan yang hanya
dapat dibaca, tidak dapat dimodifikasi. Konstruktor yang digunakan yaitu
Label(), Label(String text), dan Label(String text, int alignment).
List
yaitu komponen yang berupa List pilihan yang dapat digulung (scroll).
Kontruktor yang digunakan adalah List(), List(int row) dan List(int rows, boolean multipleMode)
Scrollbar adalah komponen untuk melakukan pergeseran
suatu tampilan agar bisa bergeser ke atas, ke bawah, ke kiri atau ke kanan. Konstruktor:
Scrollbar(), Scrollbar(int Orientation), dan Scrollbar(int Orientation, int visible, int
value, int minimum, int maximum).
Kelas TextComponent merupakan superkelas suatu
komponen yang berfungsi untuk mengedit teks. Subkelas dari TextComponent pada java.awt
yaitu class TextArea
dan class TextField. TextField merupakan komponen yang digunakan untuk
menulis text yang berukuran kecil. TextArea adalah komponen yang dipakai untuk
menerima masukan dari pengguna berupa teks yang terdiri atas beberapa baris,
sehingga biasanya didefinisikan dengan lebar dan tinggi areanya.
2.
CONTOH
PROGRAM
Contoh program dari GUI
AWT yaitu :
/*
* gui awt kelompok 3
*/
package guiawt;
/**
* @author kelompok 3
*/
import java.awt.*;
public class Main
extends Frame {
// definisi komponen
Button ok, cancel;
List list;
Choice choice;
CheckboxGroup checkbox_group;
Checkbox[] checkboxes;
TextField textfield;
TextArea textarea;
Scrollbar scroll1;
Scrollbar scroll2;
Label label;
Panel panel1, panel2;
Panel buttonpanel;
//
constructor
public Main (String title) {
super(title);
// menciptakan elemen
// 1. Button
ok = new Button("OK");
cancel = new Button("Cancel");
// 2. choice
choice
= new Choice();
choice.addItem("Merah");
choice.addItem("Hijau");
choice.addItem("Biru");
// 3. checkbox
checkbox_group = new CheckboxGroup();
checkboxes = new Checkbox[3];
checkboxes[0] = new Checkbox("vanilla",
checkbox_group, false);
checkboxes[1] = new Checkbox("chocolate",
checkbox_group, true);
checkboxes[2] = new Checkbox("strawberry",
checkbox_group, false);
// 4. list
list = new List(3, true);
list.addItem("Java");
list.addItem("C++");
list.addItem("Pascal");
list.addItem("Visual Basic");
list.addItem("Modula-3");
// 5. textfield
textfield = new TextField(15);
// 6. textarea
textarea = new TextArea(6,30);
textarea.setText("Teks yang
ditampilkan dalam textArea ini\n tidak bisa di-edit");
textarea.setEditable(false);
// 7. scrollbar
scroll1 = new Scrollbar(Scrollbar.HORIZONTAL,0,5,0,100);
scroll2 = new Scrollbar(Scrollbar.VERTICAL,0,5,0,100);
// 8. label
label
= new Label("Contoh berbagai komponen GUI");
// 9. panel
// membuat panel
panel1 = new Panel();
panel2 = new Panel();
buttonpanel = new Panel();
setLayout(null);
label.setBounds(50,45,250,25);
panel1.setBounds(10,75,200,150);
panel2.setBounds(300,50,250,250);
buttonpanel.setBounds(10,250,100,100);
// menempatkan komponen dalam panel
panel1.add(textfield);
panel1.add(choice);
panel1.add(checkboxes[0]);
panel1.add(checkboxes[1]);
panel1.add(checkboxes[2]);
panel1.add(list);
panel2.add(textarea);
panel2.add(scroll1);
panel2.add(scroll2);
buttonpanel.add(ok);
buttonpanel.add(cancel);
this.add(label);
this.add(panel1);
this.add(panel2);
this.add(buttonpanel);
}
public static void main(String[] args) {
Frame f = new Main("Demo Komponen
AWT");
f.pack();
f.resize(600,300);
f.show();
}
}
3.
HASIL
RUNNING
Hasil
running program guiawt yang telah mencakup aspek-aspek yang telah tercantum
pada dasar teori dan presentasi yaitu :

No comments:
Post a Comment